Kamis, 05 November 2009

Apa itu Link

Apa itu Link
Written by buana_iyoez on October 4, 2009 – 5:28 pm

Tahukah Anda?
Selama ini kita selalu menggunakan link jika sedang online.Sebenarnya adakah yang tahu artinya?
Link atau tautan, adalah sebuah cara untuk membuat jalan menuju ke halaman situs lain. Link bisa berupa gambar, bisa juga sebuah tulisan. Dengan adanya link, kita bisa menunjukkan / memberi jalan para pembaca blog untuk membuka halaman lain baik dalam situs lain ataupun dalam blog tersebut sendiri. Dari pengamatan saya, ada beberapa para pembuat blog yang masih belum bisa membuat link.
Terdapat dua jenis link: hard dan soft.
Hard link adalah nama untuk berkas tertentu. Link jenis ini hanya berada didalam sistem berkas tunggal dan hanya akan dihapus jika nama sesungguhnya dihapus dari sistem. Link jenis ini berguna pada beberapa kasus, tetapi banyak pengguna menganggap soft link lebih nyaman.
Soft link, juga disebut symbolic link, dapat menunjuk pada sebuah berkas diluar sistem berkasnya. Link jenis ini sebetulnya merupakan berkas yang kecil yang berisi informasi yang diperlukannya. Anda bisa menambah dan menghapus soft links tanpa menganggu berkas aslinya. Dan karena symbolic link adalah berkas kecil yang berisi informasinya sendiri, mereka dapat menunjuk pada sebuah direktori.
CARA membuat tautan/link ke alamat url/website lain, baik dalam blog atau yang diluar blog.
Tulis teks yang anda inginkan agar orang bisa nge-klik untuk menuju situs lain. (Bisa alamat url di dalam blog mauopun situs lain diluar blog).
Anda perlu menyorot (menge-blok) suatu teks yang akan dijadikan tautan/link dengan menggunakan mouse. Cara lain untuk mengeblog suatu teks seperti bekerja di aplikasi word, gunakan tuts SHIFT dan panah navigasi di keyboard.
Klik ikon yang seperti rantai bertautan itu. Sebuah jendela kecil akan muncul. Masukkan alamat url secara lengkap. Anda dapat memilih pada kolom target apakah link akan dibuka dengan jendela baru nantinya atau tetap menggunakan jendela sebelumnya. Jika anda memasukkan sebuah Title (judul) maka ketika orang meletakkan pointer di atas sebuah link maka akan muncul teks yang anda masukkan dalam kolom target tadi. Ini berfungsi sebagai keterangan.Klik Insert untuk menyelesaikan pembuatan tautan/link ini
Jika ingin membuang/membatalkan link yang sudah dibuat bisa nge-klik ikon rantai yg terputus ini.
NB: Untuk membuat link dari sebuah image/gambar caranya sama, langkah ke dua diganti dengan ngeklik gambar (sebagai ganti teks tadi) yg akan dijadikan tautan/link, langkah berikut sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SLEPETRO's Fan Box